Laman

Senin, 23 Maret 2015

Mengisi Waktu Luang dengan Melakukan hal yang Menyenangkan

     Melakukan aktivitas yang terus menerus sama setiap harinya pastilah akan merasakan jenuh atau bosan. Sebagian dari anda ada yang melepaskan kejenuhan tersebut dengan sekedar mencari hiburan seperti mendengarkan musik, jalan – jalan mencari udara segar, bernyanyi atau apapun. Sebagian lagi ada yang menghabiskan waktu luangnya dengan melakukan hobi masing – masing. Atau anda termasuk orang yang menghabiskan waktu luangnya dengan tidur, makan dan bersantai? Sebenarnya hal tersebut tidak bisa dikatakan hobi, melainkan hal yang memang kita butuhkan setiap harinya.

"Sambil menyelam, minum air", kira - kira seperti itulah peribahasa yang cocok untuk pembahasan kita kali ini. Hobi yang kita tekuni bisa jadi nantinya sangat bermanfaat bagi kita bahkan orang lain. Tak sedikit dari kita yang bisa mendapatkan penghasilan dari hobi yang kita lakukan tersebut. Maka tak ada salahnya menekuni hobi kita di sela - sela waktu luang yang kita miliki. Berikut beberapa hal yang dapat anda coba lakukan untuk menghilangkan jenuh serta menghasilkan pundi - pundi uang :

1. Menggambar atau doodling

Menggambar adalah suatu hal yang sangat menyenangkan. Kita tidak harus memiliki teknik yang tinggi untuk menggambar, asal imajinasi kita dapat tersalurkan sepenuhnya. Bagaimana hal ini dapat  menghasilkan uang? Andai kata anda menggambar, contohnya "karakter kartun". Lalu anda bisa  menjualnya kepada teman atau kerabat anda.


(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Sedikit pengalaman, saat masih dibangku SMA, saya pernah iseng menjual kumpulan sketsa - sketsa yang pernah saya gambar. Awalnya saya berpikir akan terjual hanya 2 - 3 lembar saja. Tapi siapa sangka ternyata banyak yang berminat, bahkan tak sedikit dari mereka yang meminta "request" untuk gambar - gambar yang lain. Sebagai sentuhan akhir anda dapat membingkai gambar anda agar terlihat lebih bagus.

2. Menjahit (membuat boneka atau kerajinan dari kain flannel)

Untuk hobi yang satu ini, membutuhkan alat dan pengeluaran yang sedikit lebih banyak dari hobi sebelumnya. Untuk anda yang memiliki kreatifitas tinggi tentunya sangat mudah untuk membuat dan menciptakan hal - hal yang baru dan unik. Dari selembar kain flannel kita dapat membuat banyak benda menjadi lebih cantik dan bernilai  guna tinggi. Contohnya: Tempat pensil, boneka, gantungan kunci, handphone pouch, atau bahkan tas.


(Sumber: Dokumentasi Pribadi)


Berbagi pengalaman lagi, saat libur kuliah saya sempat merasa jenuh dan bingung harus melakukan apa karena masa liburan yang terlalu lama. Alhasil iseng searching di internet dan tidak sengaja melihat satu blog yang sangat menarik. Di blog tersebut memberikan tutorial bagaimana membuat benda - benda lucu dari kain flannel. Tanpa pikir panjang, tak ada salahnya mencoba dan hasilnya pun lumayan, hehee.. Setelah membuat beberapa, saya kembali mencoba menjualnya. Kali ini targetnya teman - teman adik yang masih SMP. Lagi - lagi permintaan kembali berdatangan dan masa liburan yang membosankan berubah menjadi liburan yang menyenangkan dan yang paling penting menghasilkan uang.

3. Memasak

(Sumber: https://ccglutenfreed.files.wordpress.com/2012/02/cooking_ingredients_op_720x477.jpg) 

(Sumber: http://cdn.sheknows.com/articles/2014/04/Elizabeth_S/1035351/woman-chopping-vegetables.jpg)

Bagi anda yang memiliki hobi memasak, tak ada salahnya menekuninya dan menjadikannya sebuah pekerjaan. Mengingat makan adalah kebutuhan manusia yang sangat penting. Saat ini juga banyak pengusaha - pengusaha muda yang sudah memiliki cafe atau rumah makan sendiri. Mereka juga awalnya bermula dari suatu hobi yang menjdai pekerjaan. 
Untuk yang satu ini saya tidak akan bercerita tentang pengalaman saya, karena saya sendiri tidak bisa memasak, hehee... .

     Itulah beberapa hobi yang bisa anda coba dan tekuni. Selain menghibur diri juga bisa mendapatkan pemasukan. Sebenarnya masih banyak hobi - hobi lain yang bermanfaat, seperti menulis (Menghasilkan buku), memotret (menjadi fotografer atau model), dan lain sebagainya. Tidak ada salahnya menyelingi kegiatan yang menyenangkan diantara kegiatan - kegiatan yang kita lakukan setiap hari. Jika anda berpikir positif dan kreatif maka anda akan dapat mengisi waktu anda dengan hal - hal yang bermanfaat dan menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar