Laman

Kamis, 07 November 2013

Balok

   Balok adalah bagian dari struktural sebuah bangunan yang kaku dan dirancang untuk menanggung dan mentransfer beban menuju elemen - elemen kolom penopang. Selain itu ring balok juga berfungsi sebagai pengikat kolom - kolom agar apabila terjadi pergerakan kolom - kolom tersebut tetap bersatu padu mempertahankan bentuk dan posisinya semula. Ring balok dibuat dari bahan yang sama dengan kolomnya sehingga hubungan ring balok dengan kolom yang bersifat kaku dan tidak mudah berubah bentuk. Pola gaya yang tidak seragam dapat mengakibatkan balok melengkung atau refleksi yang harus ditahan oleh kekuatan internal material.

Beberapa jenis balok antara lain :
> Balok sederhana bertumpu pada kolom diujung - ujungnya, dengan satu ujung bebas beritasi dan tidak memiliki momen tahan. Seperti struktur statis lainnya, nilai dari semua reaksi, pergeseran dan momen untuk balok sederhana adalah tidak tergantung bentuk penampang dan materialnya.
> Kantilever adalah balok yang diproyeksikan atau struktur kaku lainnya didukung hanya pada satu ujung tetap.
> Balok teritisan adalah balok sederhana yang memanjang melewati salah satu kolom tumpuannya.
> Balok dengan ujung - ujung tetap (dikaitkan kuat) menahan translasi dan rotasi 
> Bentangan teruspensi adalah balok sederhana yang dipotong oleh teritisan dari dua bentang dengan konstruksi sambungan pin pada momen nol
> Balok kontinu memanjang secara menerus dengan panjang dan beban yang sama

Selain itu balok juga terbagi menjadi beberapa macam, yaitu :
- Balok Kayu 
     Balok kayu menopang papan atau dek struktural. Balok dapat ditopang oleh balok induk, tiang, atau dinding penopang beban.

- Balok Baja
     Balok baja menopang dek baja atau papan benton pracetak. Balok dapat ditopang oleh balok induk (grider), kolom, atau dinding penopang beban

- Balok Beton
     Balok beton yang dicor ditempat dikategorikan menurut bentangan dan bentuk cetakannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar